TIPS DAN TRIK MENCEGAH PEMBOBOLAN ATM ~ Sarwandi Eka Sarbini -Mr.Magicvator-

Sunday, January 31, 2010

TIPS DAN TRIK MENCEGAH PEMBOBOLAN ATM

Ditulis oleh Sarwandi Eka Sarbini

Maraknya terjadi pembobolan ATM di Indonesia meresahkan banyak nasabahnya, hal ini tak dapat dipungkiri telah puluhan ribu ATM dibobol serta miliaran uang pun hilang yang dilakukan oleh para pelaku cyber crime. Hal ini sangat merugikan masyarakat Indonesia sebagai nasabah ATM. Namun hal yang perlu dilakukan dan diketahui bagaimana cara mencegah pembobolan ATM tidak terjadi lagi.

Di dunia cyber atau maya terdapat dua pelaku yang sangat aktif dalam menjelajahi kegiatan kita (khususnya terhadap kasus ini). Mereka adalah hacker dan cracker, dua pelaku ini sama dalam aksi, tetapi beda dalam fungsi. Aksi mereka sama-sama dapat menembus dunia cyber, tetapi fungsi mereka berbeda, yakni hacker berfungsi sebagai policy security (penjaga keamanan) dan cracker sebagai perusak, pembobol sekaligus pencuri. Dua sisi yang berbeda ini berperang di dalam dunia cyber, jadi para nasabah ATM akan senantiasa diberitahu cara melakukan pencegahan terhadap pembobolan ATMnya oleh hacker (the policy security). Para hacker tahu bagaimana cara melakukan pembobolan ATM, namun mereka tidak melakukan kejahatan, seperti mencuri atau membobol ATM nasabah. Bagaikan polisi yang mempelajari kriminalogi, mereka tidaklah menjadi pelaku kriminal, tetapi mereka belajar untuk membasmih pelaku kriminal.

Para pelaku cyber crime dalam pembobolan ATM, mereka menggunakan dua jenis alat, yakni skimmer dan kamera tersembunyi (cctv). Skimmer berfungsi untuk melakukan scanning terhadap rekening kartu ATM (jenis magnetic card), yang dipasang pada mulut mesin ATM saat melakukan transaksi. Alat ini dapat meng-copy jutaan data dan nomor rekening kartu ATM saat melewati dan masuk ke dalam mulut mesin ATM. Untuk mencegah hal ini terjadi terhadap ATM nasabah, sebelum memasukkan kartu ATM di mulut mesin ATM, anda silakan untuk menyenggol sedikit mulut ATM tersebut, kalau terjadi pergeseran ataupun terlepas, maka mulut ATM tersebut telah dipasangi skimmer. Silahkan laporkan kepada pihak yang berwenang setempat agar dapat melakukan tindak keamanan lebih lanjut.

Alat selanjutnya adalah kamera tersembunyi (cctv) yang telah dipasang oleh para cracker di dalam ruangan transaksi. Alat ini berfungsi untuk merekam dan mengamati gerakan jari nasabah yang menekan tombol untuk memasukkan pin atau password ATM saat bertranksaksi. Untuk menghindari hal tersebut, silakan perhatikan di sekitar anda, baik di sudut ruangan tranksaksi maupun di dekat ATM. Jika ada kamera tersembunyi, anda tanyakan kepada pihak keamanan setempat, apakah kamera itu dari pihak bank atau bukan? Kalau bukan maka berhati-hatilah, hal yang perlu anda lakukan adalah menghalau dan menutupi tombol-tombol mesin ATM, dengan menggunakan tubuh dan tangan anda sehingga kamera tersebut tak dapat mengetahui pin ATM yang and masukkan.

Demikian tips dan trik mencegah pembobolan ATM anda. Semoga transaksi anda berjalan lancar dan tidak terjadi lagi pembobolan ATM nasabah di kemudian hari. Keamanan dan kenyamanan nasabah adalah nomor satu. Terima kasih dan tetap waspada.

0 comments:

Post a Comment