Plester Ampuh Sembuhkan Luka ~ Sarwandi Eka Sarbini -Mr.Magicvator-

Monday, April 19, 2010

Plester Ampuh Sembuhkan Luka

Liputan6.com, Jakarta: Ketika tergores atau terluka, biasanya Anda membiarkan luka dalam keadaan terbuka agar cepat mengering dan sembuh. Namun ternyata, pemikiran kuno ini tidak benar. Sebab sebuah panduan dermatologi terbaru di Eropa mengungkapkan, cara terbaik menyembuhkan luka adalah dengan menutupnya.

"Menutup luka berarti mempercepat proses penyembuhannya," ujar Diane Madfes, MD., asisten profesor klinis bidang dematologi dari Mt. Sinai School of Medicine. Panduan tersebut menjelaskan, luka dapat sembuh 40 persen lebih cepat bila dijaga kebersihan dan kelembabannya. Tidak cukup dengan hanya menutupnya, luka juga harus diolesi salep antibakteri atau dibalut dengan plester. Dengan begitu, luka aman dari kotoran-kotoran yang bertebaran di alam bebas.

Menutup luka juga dapat mendorong sistem imun alami tubuh bekerja hingga mencegah infeksi, memperbaiki kembali sel-sel kulit yang rusak, serta membersihkan sisa luka. Oleh karena itu, sediakan selalu salep antibakteri dan plester di saku Anda untuk mengamankan luka dari infeksi.(preventionindonesia.com/AST)

0 comments:

Post a Comment