Buah dan Sayuran Tak Banyak Mencegah Kanker ~ Sarwandi Eka Sarbini -Mr.Magicvator-

Thursday, April 8, 2010

Buah dan Sayuran Tak Banyak Mencegah Kanker

Detik.com

New York,
Mulai sekarang tidak perlu berlebihan mengkonsumsi sayur dan buah. Penelitian terbaru menunjukkan, kontribusinya terhadap pencegahan kanker tak sebesar yang diduga sebelumnya.

Dikutip dari AFP, Kamis (8/4/2010) penelitian mengenai hal ini telah dilakukan oleh tim dari Mount Sinai School of Medicine dan dipublikasikan di Journal of The National Cancer Institute. Sebanyak 470.000 relawan terlibat, direkrut dari 10 negara di wilayah Eropa barat.

Selama 8 tahun sejak 1992 ilmuwan meneliti dan akhirnya menyimpulkan bahwa peningkatan asupan buah dan sayuran sebanyak 200 gram/hari hanya mengurangi resiko kanker sebesar kurang lebih 3 persen. Dari hasil tersebut, efek pencegahan kanker dinilai tak sebesar yang diduga.

Pada wanita, manfaat sayur dan buah lebih kecil terhadap pencegahan kanker. Sedangkan pada orang yang merokok dan minum alkohol, perlindungannya terbatas pada risiko kanker yang terkait rokok dan alkohol.

"Kami menemukan bahwa sayur dan buah memberi efek pencegahan terhadap kanker, tapi memang tak sebanyak yang diduga sebelumnya," ungkap Paolo Boffetta, doktor yang memimpin penelitian ini.

Temuan ini agak berseberangan dengan anjuran WHO pada tahun 1990, untuk menyantap buah dan sayuran sedikitnya 5 kali sehari. Situs WHO menyebutkan, 19 persen kanker gastrointestinal (pencernaan), 31 persen penyakit jantung ischemic dan 11 persen stroke dipicu oleh kurangnya asupan buah dan sayuran.

Namun begitu tim peneliti membantah penelitian ini bertujuan untuk menolak anjuran WHO. Bagaimanapun, konsumsi buah dan sayuran tetap memberi manfaat bagi kesehatan secara umum

0 comments:

Post a Comment