Ketika dalam Seminggu, Tiga Kali Tanggal Merah :D ~ Sarwandi Eka Sarbini -Mr.Magicvator-

Saturday, April 26, 2014

Ketika dalam Seminggu, Tiga Kali Tanggal Merah :D

Friday? Artinya, Hari Jumat. Dan ternyata bisa jadi Fri-day = Free Day. Yup, maknanya hari libur. Kenapa mesti diliburkan di Hari Jumat? Mari kita kaji bersama. Kebiasaan warga Indonesia meniru jadwal hari di negara lain, di Benua Amerika & Eropa, mereka menjadikan Hari Ahad (Minggu) adalah hari libur, untuk apa? Agar lebih fokus beribadah bukan?

Nah, pertanyaannya adalah, bukankah yang Muslim juga punya perintah meninggalkan jual beli di Hari Jumat untuk lebih fokus berdzikir kepada Allah. Karena Allah menjamin itu lebih baik jika kita mengetahui. Dan ternyata di berbagai negara di Timur Tengah, Hari Jumat adalah hari libur mereka (baca: tanggal merah). Ini berarti sebaiknya di Hari Jumat-lah kita mesti berlibur. Setuju?

Well, tenang dulu. Karena di negara kita menjunjung toleransi dalam beragama. Maka alangkah bagus tanggal merah bukan hanya di Hari Minggu, tapi juga di Hari Jumat. Yuhuuu, libur dua hari dong? Yup. Itu lebih bagus. Kalau ingin lebih bagus, Hari Sabtu juga sekalian diliburkan, 'kan dalam kitab suci sebagian agama lain mengagungkan Hari Sabat (Sabtu). Bukan begitu?



Nah, apakah sistem kerja di Indonesia cukup 4 hari dalam sepekan? Saya rasa itu cukup. Kenapa? Agar waktu kita bersama keluarga juga lebih banyak sehingga bukan hanya sibuk di kantor, dan kasih sayang kepada anak-anak di rumah terabaikan. Mungkin para pengusaha nggak masalah, karena tiap hari adalah tanggal merah. Mereka dengan bebas berlibur kapan aja. Tapi bagi karyawan, pegawai dan para profesional lainnya. Mereka hendaknya merasakan nikmatnya waktu bersama tuhan mereka, dan juga bisa meluangkan pendidikan terbaik kepada anak mereka, yakni pendidikan dari orang tua secara langsung.


Kalau sistem ini diterapkan, maka tidak sedikit ada yang pro dan kontra. Saya sih pro. Hehehe.
Bagaimana dengan Anda?

1 comment: