Peranan Indeks Prestasi (IP) dalam Dunia Kerja ~ Sarwandi Eka Sarbini -Mr.Magicvator-

Thursday, March 18, 2010

Peranan Indeks Prestasi (IP) dalam Dunia Kerja

Posting by Sarwandi Eka Sarbini (Wandi Cyber)


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabaraktuh

Peranan Indeks Prestasi (IP) terhadap keberhasilan alumni sebuah perguruan tinggi dalam dunia kerja merupakan suatu syarat dalam suatu pencapaian tersebut. Artinya bahwa IP merupakan suatu bukti keberhasilan dalam akademik alumni dalam studinya selama kuliah. Untuk bisa mengukur tingkat prestasi dalam suatu kuliah yang ditekuni oleh seorang alumni diperlukan Indeks Prestasi dengan bentuk penilaian yang telah ditentukan oleh lembaga pendidikan.

Hal yang perlu diketahui oleh alumni perguruan tinggi, dalam dunia kerja, suatu perusahaan telah menjadikan suatu standar IP bagi lulusan di suatu perguruan tinggi, baik negeri ataupun swasta, untuk bisa menjadi salah satu karyawan di perusahaan tersebut. Ada perusahaan yang sering menjadikan standar IP bagi setiap lulusan di suatu perguruan tinggi dengan memberikan salah syarat untuk bisa bekerja di perusahaan tersebut dengan minimal IP 2,75 dan ada juga yang lebih dari itu. Hal ini menjadi pemacu bagi setiap lulusan perguruan tinggi agar bisa mencapai IP minimal 2,75, karena banyaknya perusahaan yang menjadikan salah satu syarat diterimanya karyawan baru dengan standar IP minimal 2,75. Oleh karena itu, kita harus bisa mencapai standar IP tersebut.

Banyak mahasiswa yang masih menganggap tidak pentingnya suatu standar IP untuk bisa mencapai keberhasilan di dunia kerja, seperti anggapan apa arti sebuah IP?! Hal ini menjadi alas an mereka yang membuat mereka hanya makin malas untuk belajar, karena dia hanya menganggap itu hanya suatu formalitas ketika selesai kuliah. Padahal tidak sesempit itu, karena IP adalah tanda bahwa anda mengikuti kuliah baik atau kurang baik. Karena yang menilai hal tersebut tidak lain adalah dosen kita sendiri. Tentunya itu telah tercantum rajinnya kita kuliah, mengerjakan tugas, pendekatan, dan lain sebagainya.

Jika ada mahasiswa yang mengatakan bahwa yang penting ilmunya. Sangat betul, tidak ada yang salah dari pernyataan tersebut, tapi hal itu seolah meniadakan system penilaian yang telah ditentukan oleh suatu lembaga pendidikan. Artinya ilmu itu butuh penilaian dalam pencapaian yang baik, kenapa demikian, karena jika para mahasiswa mengatakan “yang penting ilmunya” dan juga dibuktikan dalam bentuk penilaian yakni dengan mencapai IP yang memuaskan, maka hal itu lebih baik lagi.

Oleh karena itu, untuk mahasiswa setiap perguruan tinggi, mari kita tetap mengejar prestasi belajar kita, dengan mengejar ilmu dan nilai, saya (penulis) tidak mengatakan kita menjadi orang yang egois dalam nilai, tapi kita mesti bersama-sama mencapai kedua hal tersebut sehingga ketika berada di dunia kerja, kita dapat melewati salah satu syarat yang ditentukan oleh suatu perusahaan, yakni memiliki nilai standar IP < style="">Wassalam.

0 comments:

Post a Comment